scratch fungsi kuadrat

 Assalamualaikum kawan semua di kesempatan kali ini saya akan membagikan cara membuat fungsi kuadrat di scratch











1.jalankan scratch dan buat proyek yang baru 
2.tambahkan background berupa gambar sumbu xdan y menggunakan file yang sudah di siapkan untuk sumbu x dan y pada grafik yang akan di gambar 

3.atur size sprite 1 menjadi 20% 

4/tambahkan variabel - variabel yang akan dii gunakan dalam penghitungan dan menggambar grafik fungsi .

a.variabel a,b,dan c untuk menyimpan nilai konstanta untuk fungsi y=ax2+bx+c.atur agar nilai ketiga variabel di tampilkan di stage .

b.variabel D menyimpan nilai determinan fungsi ,niali di tampilkan di stage .

c.variabbel xp dan yp untuk menyimpan nilai x minimum/maksimum dan y minimum /maksimum.nilai kedua variabel di tampilkan di stage. 

d.variabel x1dan x2 untuk menyimpan nilai akar dari fungsi .nilai kedua variabel di tampilkan di stage.

e.variabel xdan y untuk menyimpan niali xdan y sesungguhnya untuk setiap titik yang ketika menggambar grafik fungsi .nilai kedua variabel tidak di tampilkan. 

f.variabel titik xdan titik y untuk menyimpan nilai xdan y setelah di konversi dengan skal stage di scratch untuk setiap titik yang di pakai ketika mengggambar grafik fungsi . titik xaadaan titik y merupakan nilai x dan y di kali dengan 10 .nilai kedua variabel tidak ditampilkan di stage .

5.pada tab my blocks ,tambahkan blok baru dengan nama 'atur kondisi awal',kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendefinisikan blok tersebut .

6.pada tab my bloks ,tambahkan blok baru yanng di sebut dengan nama 'tentukan nilai masukkan',kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blokperintah untuk mendefinisikan blok tersebut .

7.pada tab my blocks ,tambahkan blok baru yang disebut dengan nama 'hitung D,xp,dan yp',kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendifikasikan blok tersebut .

8.pada tab my blocks ,tambahkan blok baru yang disebut dengan nama 'hitung x 1 dan x 2 ',kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendifikasikan blok tersebut .

9.pada tab my blocks ,tambahkan blok baru yang disebut dengan nama'gambar grafik',kemudian tambahkan blok tersebut ke bagian utama program dan tambahkan blok perintah untuk mendifikasikan blok tersebut .

10.jalankan program ,bi input yang sesuaai dan perhatikan apakah bekerja dengan yang di harapkan .

11.simpan pekerjaan 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENERAPAN PERHITUNGAN PADA SCRATCH

membuat pola pada scratch