PENERAPAN PERHITUNGAN PADA SCRATCH
Assalamualaikum, kawan .kali ini saya akan membagikan cara membuat pola perhitungan volume dan luas permukaan balok serta luas dan keliling lingkaran
berikut adalah langkah awal untuk membuat
1.Buatlah proyek baru di jendela scratch
2.tambahkan 6 variabel,yaitu jari -jari ,tinggi ,luas ,volume tabung ,keliling ,dan luas tabung
3.tambahkan kode berikut untuk mengatur agar ketika program di jalankan,nilai-nilai variabel di kembalikan menjadi 0. Kemudian tambhakan 4 bloh kode paling bawah untuk meminta input nilai jari-jari alas dan tinggi tabung
4.tambahkan blok kode berikut untuk memerintaahkan setiap sub program yang aan di buat untuk menjalankan perhitungan yang di minta
5.Buat sub program untuk menghitung luas alas .Sub program ini akan di jalankan jika menerima pesan hitung luas di kirimkan
6.Buat sub program untuk menghitung volume tabung .Sub program ini akan di jalankan jika menerima pesan volume tabung di kirimkan
7.Buat sub program untuk menghitung keliling alas .Sub program ini akan di jalankan jika menerima pesan keliling alas di kirimkan
8.Buat sub program untuk menghitung luas permukaan tabung .Sub program ini akan di jalankan jika menerima pesan luas permukaan tabung di kirimkan
9.Tambahkan blok pada bagian akhir program utama untuk menyampaikan pesaan bahwa perhitungan telah selesai
10.Jalankan program dengan memasukkan nilai jari jari alas dan tinggi tabung
Komentar
Posting Komentar